Penguatan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu RI Gelar Konsolidasi Media di Jayapura

- 6 Februari 2024, 20:26 WIB
Ilustrasi Bawaslu
Ilustrasi Bawaslu /Bawaslu/Ilustrasi Bawaslu

 

PORTAL PAPUA - Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Republik Indonesia menggelar Konsolidasi nasional (Konsolnas) bersama media di Jayapura dengab tajuk " Konsolnas Media dalam Rangka Penguatan Pemberitaan Hasil Pemilu 2024".

Kepala Biro Hukum dan Humas Bawaslu RI, Agung Indra Atmaja, mengatakan konsolidasi ini digelar pertama kali di daerah otonomi bari (DOB) di Papua " Pada fase pertama Konsolnas bersama media, Bawaslu menetapkan 4 titik pelaksanaan, antara lain Papua, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah." Ucap Agung Atmaja, saat membuka kegiatan di salah satu hotel di Abepura, Selasa (06/02/2024)

Menurutnya, keberadaan media merupakan ciri utama negara demokrasi, karena salah satu peran utamanya adalah mengampu hak rakyat untuk memperoleh informasi yang benar.

"Media adalah salah satu pilar demokwasi yang memiliki peranan besar dalam menjaga ,dan merawat demokrasi negara," katanya.

Dia meyakini, Konsolnas Media dapat memastikan informasi yang diberitakan mampu menjaga iklim demokrasi yang damai.

"Ini bentuk komitmen Bawaslu menyajikan informasi yang objektif dan akurat, sebagai langkah konkret mengkolaborasikan penyampaian informasi yang sehat, menjaga integritas Pemilu, dan mencerdaskan masyarakat dalam mengambil keputusan," tambahnya.

Tenaga Ahli Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Ronald Manoach, menambahkan, salah satu alasan Bawaslu menjadikan Papua sebagai titik awal Konsolnas Media, karena akses informasi melalui digital di wilayah itu belum maksimal.

"Dalam dinamika informasi, khususnya Pemilu, sering digunakan mitigasi melalui dunia digital. Tapi kita juga perlu memberikan akses informasi kepada masyarakat yang tidak dapat mengakses digital, sehingga perlu disentuh langsung dan kontekstual," katanya.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x