Isu AFU Bukan Putra Asli Papua Hanya Hoax Lawan Politik di Pilgub 2024

- 10 April 2024, 07:04 WIB
Abdul Faris Umlati, Bupati Kabupaten Raja Ampat(Kiri)
Abdul Faris Umlati, Bupati Kabupaten Raja Ampat(Kiri) /Rafael F/

PORTAL PAPUA - Menuju pemilihan Gubernur Papua Barat Daya, terdapat berbagai fenomena politik yang mulai terasa di kalangan masyarakat. 

Baca Juga: Jemaah Diminta Pilih PPIU Berizin, Kemenag Ingatkan kembali 5 Pasti Umrah

Diketahui, adanya berbagai perang opini mengenai keaslian sebagai Putra Asli Papua yang merujuk pada sosok Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati. 

Hal tersebut kini menjadi sebuah pertanyakan publik. 

"Karena publik ketahui bahwa Abdul Faris Umlati (AFU) bupati aktif Raja Ampat sekaligus ketua DPD Demokrat punya kans besar untuk memenangkan Pilgub Papua Barat Daya," terang Ketua Lira sekaligus Ketua BMI, Fredrik R. Yesnath pada Portal Papua, Selasa 9 April 2024.

Baca Juga: Berpisah Dari Ramadan dengan Penuh Hormat, Oleh : Muhammad Nasril

Sebagai anak muda Tambrauw, Ronald menegaskan bahwa Abdul Faris Umlati adalah orang Raja Ampat.  

Adanya isi yang menyebutkan bahwa AFU adalah orang Halmahera atau orang Tidore menurutnya hanyalah isu yang dikonstruksi oleh aktor politik lain, dan oleh karena itu dianggap para lawan politik saat ini tidak sportif dalam berpolitik yang sehat. 

"Karna wawasan kita tidak utuh, memahami kepulauan raja Ampat berasal dari suku-suku hibrid Maya, Matbat, Moi, Biak, Melanesia Penyangga (Gag dan Gebe), Karna AFU anak raja Ampat tentu dan pasti dia bagian dari pada Entitas Melanesia. kita paham bahwa raja Ampat ada titik perjumpaan entitas Melanesia baik di Papua dan Maluku,"ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rafael Fautngiljanan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah