Di Saat Anda Tidur, Kami Terus Bekerja Demi Negara dan Tanah Papua. Oleh : Bambang Triyanto, ST. MT

- 10 Februari 2022, 21:24 WIB
Karyawan PT Freeport Indonesia, salah satu perusahan tambang kelas dunia yang beroperasi dari distrik terpencil di Tembagapura, Kabupaten Mimika -  Papua.
Karyawan PT Freeport Indonesia, salah satu perusahan tambang kelas dunia yang beroperasi dari distrik terpencil di Tembagapura, Kabupaten Mimika - Papua. /Corcom PTFI/Corcom PTFI

Di Saat Anda Tidur, Kami Terus Bekerja Demi Negara dan Tanah Papua.

Karyawan PT Freeport Indonesia.

Oleh : Bambang Triyanto, ST. MT

Tantangan industry pertambangan kian meningkat dalam periode 2 tahun terakhir, selain  kondisi geografis, social, lingkungan, perubahan iklim (climate change) dan kestabilan fluktuasi harga komoditas serta upaya untuk melaksanakan efisiensi dan meningkatkan produktivitas produksi, industry pertambangan juga diperhadapkan pada penyebaran  pandemic virus corona dan omicron yang melanda Indonesia bahkan seluruh dunia.


PT Freeport Indonesia, salah satu perusahan tambang kelas dunia yang beroperasi dari distrik terpencil di Tembagapura, kabupaten Mimika Papua juga menghadapi tantangan dan permasalahan tersebut.

Daerah yang terpencil, kondisi alam yang menantang, ritme kerja yang berlangsung dengan pembagian crew dalam shift kerja yang ketat, lokasi kerja yang berada pada ketinggian 3000 meter  hingga 4000 meter dari permukaan laut serta pada area tambang bawah tanah yang sempit dengan kedalaman ekstrim dan asupan oxygen yang terbatas dengan support dari luar, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para karyawan PT Freeport Indonesia dari berbagai divisi yang terus bekerja menghidupkan putaran roda produksi 24 jam tanpa henti.

 

Belum sampai disitu, karyawan PT Freeport Indonesia masih harus berjibaku  lagi dengan protokoler Kesehatan (prokes) yang ketat ketika ada pembatasan gerak, jarak dan bepergian keluar dari dan ke lokasi kerja (Tembagapura dan Timika) saat virus corona dan omicron melanda Indonesia dan juga lokasi kerja mereka di Tembagapura dan Timika.

 

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Bambang Triyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x