Pemprov Papua Harap Harga Cabai Stabil di Pasar, Lakukan Panen Cabai Satu Hektar di Keerom

- 23 Februari 2024, 23:00 WIB
Pj Gubernur Ridwan didampingi Pj. Ketua TP PKK Papua, Linda Onibala beserta jajaran Kepala OPD dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Keerom.
Pj Gubernur Ridwan didampingi Pj. Ketua TP PKK Papua, Linda Onibala beserta jajaran Kepala OPD dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Keerom. /

PORTAL PAPUA  - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun bersama jajaran melakukan panen cabai di kebun seluas satu hektar, di Arso 9, Kampung Intaimelyan, Distrik Skamto, Kabupaten Keerom, Selasa (20/2/2024).

Pj Gubernur Ridwan didampingi Pj. Ketua TP PKK Papua, Linda Onibala beserta jajaran Kepala OPD dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Keerom.

Disela-sela kegiatan tersebut, Gubernur mengapresiasi TP PKK Papua dan Dinas Pertanian Papua yang telah membina petani setempat, hingga dapat melakukan panen satu dari 10 hektar kebun yang ada. 

"Ini panen yang luar biasa, dan semoga dengan panen ini, bisa membuat harga (cabai) di pasar itu relatif stabil," ucap Pj Gubernur Ridwan.

Pihaknya pun akan menyerahkan bantuan alat pompa air untuk memudahkan petani menyiram tanaman. termasuk mendorong subsidi bagi petani.

"Intinya keluhan dari petani seperti pemberian subsidi untuk pembelian cabai (akan diperhatikan). Contoh kalau dari sini (Keerom) harganya dibeli Rp25 ribu per kg, lalu ternyata di pasar dijual Rp100 ribu per kg, maka Pemprov Papua beli disini antara Rp35 ribu sampai dengan Rp45 ribu." 

"Lalu dari Keerom kita langsung bawa ke pasar dengan begitu harga cabai bisa stabil di pasar. Sehingga memutus rantai distribusi, agar harga bisa dijangkau," jelasnya.

Pj Ketua TP PKK Papua, Linda Onibala mengatakan tanaman cabai yang dipanen kali ini merupakan kerja sama antara organisasinya dengan dinas pertanian. Yang mana, program ini merupakan salah satu langkah untuk membantu pemerintah menekan angka inflasi.

Sehingga dalam tahun ini pihaknya berencana mendorong pemberian benih cabai di 8 kabupaten dan 1 kota dalam program penanaman cabai di pekarangan rumah.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Papua.go.id


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x