Kelas Rawat Inap Standart Tahun 2024 BPJS Kesehatan Papua Belum Terlaksana

- 21 Mei 2024, 20:13 WIB
Asisten Deputi Bidang SDM Umum dan Komunikasi Kedeputian Wilayah XII, Mitra Akbar  saat menyampaikan keterangan
Asisten Deputi Bidang SDM Umum dan Komunikasi Kedeputian Wilayah XII, Mitra Akbar saat menyampaikan keterangan /

 

PORTAL PAPUA- BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII dan Kantor Cabang Jayapura menjawab pelaksanaan perubahan fasilitas kesehatan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 tahun 2024, menetapkan, Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) sebagai pengganti kelas 1,2,3 BPJS Kesehatan, belum terlaksana di Papua. KRIS ini masih akan melalui tahapan evaluasi, dan akan di terapkan pada tahun 2025. Selasa (21/5/2024) Mayo Resort Holtekam Jayapura

Asisten Deputi Bidang SDM Umum dan Komunikasi Kedeputian Wilayah XII, Mitra Akbar menjelaskan saat ini masih mengunakan fasilitas BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3, Evaluasi KRIS akan berdampak pada perubahan iuran.

“Sampai saat ini, KRIS ini belum di laksanakan, masih melalui kelas kepersertaan BPJS Kesehatan, kelas 1, kelas 2 dan kelas 3, tentunya KRIS ini akan ada evaluasi tahap lanjut, untuk pelaksanaannya, dimana akan berdampak pada penyesuaian iuran,”Jelasnya.

Kemudian Mitra menuturkan, KRIS merupakan kenaikan layanan BPJS Kesehatan dengan kualitas yang sama di mana saja kapan saja seluruh Indonesia.

“Tujuan dari KRIS ini peningkatan mutu layanan ruang perawatan fasilitas kesehatan, dan tidak ada perbedaan nanti untuk perkotaan maupun di pedesaan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, saat ini tetap mengakses BPJS Kesehatan mandiri, kelas 1, kelas 2 dan kelas 3,”Tuturnya.

Mitra juga menambahkan dengan memperhatikan pemerataan  pelayanan, di wilayah pelosok Papua sudah di lakukan banyak program salah satunya UHJ Non Cut off atau daftar BPJS Kesehatan langsung aktif bisa di gunakan.

“Di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) akan mengunakan BPJS online, kita tatap muka langsung datang ke tempat daerah tertinggal langsung, di Kota Jayapura sudah melakukan di daerah Kayu Pulo, di wilayah Papua sudah memberikan UHJ Non Cut off  memberikan kemudahan masyarakat yang ketika mendapatkan nomor Induk Kependudukan (NIK), tanpa menunggu 14 hari pengaktifan,”Tutupnya.(Fransisca)

Editor: Fransisca Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah