Rencana Pembangunan Panel Surya di Indonesia Timur, Dadan Kusdiana: Makin ke Timur Makin Bagus

- 16 Januari 2021, 13:36 WIB
DIREKTUR Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana saat berbagi pengalaman diacara  #EnergyFest 2020 yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Zoom Cloud Meeting dan laman YouTube Kementerian ESDM.
DIREKTUR Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana saat berbagi pengalaman diacara #EnergyFest 2020 yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Zoom Cloud Meeting dan laman YouTube Kementerian ESDM. /Dok. Humas Kementerian ESDM

 

PORTAL PAPUA - Upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di wilayah bagian timur terus terealisasi.

Untuk itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengembangkan taman panel surya atau solar park di Indonesia bagian timur.

Rencana tersebut sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Tanah Air.

Baca Juga: Innalillahi wa inna ilaihi raji'un Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf Meninggal Dunia

Dikutip dari laman Kementerian ESDM di Jakarta, Sabtu 16 Januari 2021, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan konsep pembangunan solar park merupakan bagian dari pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) skala besar di lahan yang luas.

"Kami merencanakan bangun solar park seperti yang ada di Abu Dhabi (Uni Emirat Arab), Portugal, dan Arab Saudi. Satu hamparan besar isinya solar panel saja," jelasnya, seperti diberitakan Antara.

Nantinya, lokasi pengembangan solar park akan dipusatkan di Indonesia bagian timur dengan memanfaatkan wilayah-wilayah yang kering, memiliki radiasi sinar Matahari yang bagus, dan cerah hujan rendah.

Baca Juga: Anggota DPD RI Papua Harap Kapolri Baru Perhatikan Eksistensi OAP dan UU Otsus

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x