Hardiknas 2022 Untuk Kesadaran Pendidikan Bagi Pembangunan Bangsa, Oleh : Dr. Leonardus Tumuka, Ph.d

- 2 Mei 2022, 20:03 WIB
Dr. Leonardus Tumuka, P.Hd, Alumnus Doktoral tahun 2013 pada University of The Philippine Los Banos (UPLB), Laguna, Filipina.
Dr. Leonardus Tumuka, P.Hd, Alumnus Doktoral tahun 2013 pada University of The Philippine Los Banos (UPLB), Laguna, Filipina. /Foto Pribadi Leonardus/

PORTAL PAPUA - Pada tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), melalui Keppres RI Nomor, 316 tahun 1959. Sehingga sudah pasti Pemerintah Indonesia melalui kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI pun memperingatinya hingga ke tingkat daerah. Hal itu sebagaimana sesuai arahan Surat Pedoman Pelaksanaan Hardiknas 2022 Nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022.

Baca Juga: Inilah Sejarah ‘Taman Siswa’, Sekolah yang Didirikan oleh Ki Hajar Dewantara, Selamat Hari Pendidikan Nasional

Di tahun 2022 ini dengan mengusung Tema “Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar,”. 

Ini juga merupakan sebuah Tema yang lebih Ready for Action alias Just Do it (lakukan saja). Yah sudah pasti merupakan sebuah tema yang luar biasa karena berkaitan langsung dengan upaya membangun kesadaran para penggerak di Dunia Pendidikan dari Tingkat Kementrian, Propinsi dan Daerah. 

Membangun semua unsur dan elemen dari Keterpurukan Bangsa ini, selama Pandemic Covid -19 melanda dan melumpuhkan semua sektor Tatanan berkehidupan dalam bernegara. 

Melalui peringatan Hardiknas itu sendiri, nanti akan digelar secara During pada 13 Mei 2022, karena tanggal 2 Mei masih betepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H bagi Umat Muslim. 

Hari ini, dengan Tema “Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar,” Pemerintah Indonesia telah menyusun Strategi Baru dalam Inovasi Pendidikan. 

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, adat istiadat, budaya serta karakter pada Negara yang terdiri dari 13,466 pulau, dan luas daratan 1.910.000 km2 serta luas lautan 6.279.000 km2 sebagai sebuah kesatuan bangsa. Tentunya menjadi momentum dikokohkannya kesadaran sekaligus sebagai ranah dimana komitmen seluruh komponen bangsa Indonesia kembali disegarkan akan sangat pentingnya pendidikan bagi masa depan bangsa

Baca Juga: Ramadhan Adalah Bulan Pendidikan, Mari Baca Kembali Teks Ceramah Ramadhan 2022

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x