Dirgahayu Kopassus ke 71 Tahun, Menjadi Pasukan Elit yang Menjaga Kedaulatan Bangsa Indonesia

- 16 April 2024, 17:04 WIB
Pemerintah Kabupaten Mappi Sampaikan Selamat Hari Jadi Kopassus Indonesia.
Pemerintah Kabupaten Mappi Sampaikan Selamat Hari Jadi Kopassus Indonesia. /Humas Mappi/

PORTAL PAPUA  - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) hari ini, 16 April 2024, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72. Usia yang panjang ini menandakan perjalanan Kopassus dalam mengabdi kepada bangsa dan negara dengan penuh kehormatan dan pengabdian tanpa batas.

Perhelatan HUT Kopassus tahun ini tak hanya sebagai momen peringatan, tetapi juga sebagai sarana untuk mengenang sejarah panjang Kopassus dan jasa para pahlawan. Didirikan pada tanggal 16 April 1952, Kopassus memiliki peran penting dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara. Pembentukannya dilatarbelakangi oleh kebutuhan pasukan khusus untuk menumpas pemberontakan di Maluku oleh RMS (Republik Maluku Selatan) pada tahun 1950.

Artikel ini sebelumnya telah dimuat dengan judul  "Dirgahayu Kopassus Ke-72: Mengabdi dengan Kehormatan, Pelindung Sejati Kedaulatan)

Pemerintah Kabupaten Mappi Sampaikan Selamat Hari Jadi Kopassus Indonesia.
Pemerintah Kabupaten Mappi Sampaikan Selamat Hari Jadi Kopassus Indonesia.

Gagasan pembentukan Kopassus digagas oleh Letkol Slamet Riyadi, seorang perwira muda yang gugur dalam salah satu pertempuran di Maluku. Semangatnya kemudian dilanjutkan oleh Kolonel AE Kawilarang, yang kala itu menjabat sebagai Panglima Tentara Teritorium III.

Sejak awal berdirinya, Kopassus telah menunjukkan kemampuannya dalam berbagai operasi militer, baik di dalam maupun luar negeri. Keberanian, ketangguhan, dan profesionalisme prajurit Kopassus telah menjadi legenda dan disegani oleh dunia.

Kopassus tak hanya handal dalam medan tempur, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan. Mereka selalu siap membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti saat bencana alam atau operasi kemanusiaan lainnya.

HUT Kopassus ke-72 menjadi momen untuk mengenang sejarah panjang, menghormati jasa para pahlawan, dan memotivasi para prajurit Kopassus untuk terus meningkatkan profesionalisme dan dedikasinya dalam menjaga kedaulatan bangsa.

Kopassus memiliki berbagai macam kemampuan khusus, seperti infiltrasi, anti-teror, dan penanggulangan sandera. Kopassus juga aktif dalam berbagai kegiatan internasional, seperti misi perdamaian dan latihan bersama dengan pasukan elite negara lain.

Halaman:

Editor: Fransisca Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah