Bank Indonesia Papua Gelar Serambi Semarak Rupiah Ramadhan 2024

- 21 Maret 2024, 22:28 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia./
Ilustrasi Bank Indonesia./ /Kementerian Keuangan

PORTAL PAPUA - Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 H, Bank Indonesia Papua bersama Perbankan melaksanakan kegiatan SERAMBI atau Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri dengan tema ”Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”, di Halaman Kantor Otonom Kotaraja, Kota Jayapura, Rabu (20/3/2024) pagi.

Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Faturachman. Di tempat yang sama juga Pemerintah Provinsi Papua bersama TPID Provinsi Papua melalui Gerakan Pangan Murah (GPM).

Faturachman katakan, kegiatan pasar murah guna menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan sekaligus mencukupi pemenuhan permintaan masyarakat selama bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1445 H.

"Kegiatan SERAMBI ini juga akan dirangkai dengan edukasi rupiah melalui tiga pilar yaitu CINTA, BANGGA, dan PAHAM RUPIAH, agar masyarakat semakin mencintai dengan merawat rupiah secara baik, bangga menggunakan rupiah di setiap transaksi di wilayah NKRI, dan paham menggunakan uang rupiah dengan bijak atau digunakan sesuai keperluan," katanya.

Tak hanya itu, melalui kegiatan SERAMBI juga, Faturachman harapkan dapat melengkapi kebahagiaan masyarakat di
bulan suci Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1445H dengan menghadirkan uang
Rupiah layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan melalui
layanan kas prima.

"Pelayanan penukaran uang baru bisa di lakukan di seluruh bank yang ada di Papua, pelayanan tambahan wilayah Jayapura ada kas keliling bertempat di pasar, pelabuhan, instansi Pemerintahan, dengan pemesanan melalui aplikasi PINTAR," jelas Faturachman.

Diketahui, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua bersinergi dengan perbankan menyiapkan 100 titik penukaran yang tersebar di Provinsi Papua. Khusus untuk di Kota Jayapura, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua memperkuat layanan kas melalui kegiatan kas keliling yang menyasar langsung aktivitas ekonomi masyarakat seperti di Pasar Youtefa, Pasar Hamadi, Pasar Skouw, Pasar Lama Sentani dan beberapa pusat pertokoan di daerah Entrop, Abepura, dan Koya.

Selain itu, melalui layanan kas keliling ini, Bank Indonesia juga akan membuka layanan penukaran Uang Pecahan Kecil di area Bandara, Terminal, Pelabuhan dan layanan khusus kepada instansi-instansi di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Untuk percepatan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil di kas keliling, masyarakat maupun instansi diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR di website www.pintar.bi.go.id. (Ayu Ohee / lintaspapua.com)

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x