Papua Muda Inspiratif dan Kemenperin Gelar Bimtek Kepada 15 Wirausaha Baru Bidang Batik di Jayapura

- 20 September 2022, 09:36 WIB
Papua Muda Inspiratif menggelar kegiatan Bimbingan Teknologi (BIMTEK) kepada para wirausaha baru (WUB) kelompok-kelompok Batik Lokal di Jayapura.
Papua Muda Inspiratif menggelar kegiatan Bimbingan Teknologi (BIMTEK) kepada para wirausaha baru (WUB) kelompok-kelompok Batik Lokal di Jayapura. /Papua Muda Inspiratif /

PORTAL PAPUA  -  Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka bersinergi dengan gerakan Papua Muda Inspiratif menggelar kegiatan Bimbingan Teknologi (BIMTEK) kepada para wirausaha baru (WUB) kelompok-kelompok Batik Lokal di Jayapura.

Kegiatan yang diikuti oleh enam kelompok usaha ini diselenggarakan dari tanggal 19 - 23 September di Front One Green Batik Hotel - Jayapura.

Baca Juga: Pasca Ditetapkan Tersangka oleh KPK, Pemprov Papua Tetap Kondusif dan Gubernur Lukas Enembe Ajak ASN Kerja

Dalam sambutan, Pejabat Fungsional Pembina Industri pada Direktorat Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian,  Enti Nurmaryati Utami  menyatakan, harapan kegiatan ini, peserta yang mengikuti uji kompetensi dapat lulus sertifikasi.

"Sekaligus menularkan ilmu membatik sehingga menumbuhkan para wirausaha baru di bidang batik, menggerakan roda perekonomian yang berdaya saing di Papua khususnya di kota Jayapura," ujar  Enti Nurmaryati Utami,  kepada para peserta saat memberikan sambutannya.

Keunikan corak dan motif batik Papua menjadikannya ciri khas tersendiri yang banyak dikagumi oleh banyak masyarakat. Melihat potensi tersebut, hal ini harus dimanfaatkan dalam kemajuan ekonomi daerah dengan memperdayakan usaha batik lokal.

Selama mengikuti bimbingan teknologi, para kelompok yang terdiri dari 15 peserta diperkenalkan dan diajari alat dan mesin untuk mendukung industri kecil dan menengah yang terdapat di Kota Jayapura.

Baca Juga: 2000 Pasukan Disiagakan, Hari ini Ribuan Massa Akan Aksi Damai Dukung Save Gubernur Papua, Lukas Enembe

Project Manager Bidang Sosial Budaya Papua Muda Inspiratif, Efraim Ramandey menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar menjadi pelatihan, tetapi juga sebagai melestarikan kebudayaan Papua, khususnya para anak-anak muda dapat ikut melestarikan keunikan motif batik Papua.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Papua Muda Inspiratif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x