Dukung Visi Jokowi, Kemendag Latih Ratusan Pemuda Papua Jadi Pengusaha Digital

- 20 Mei 2022, 09:53 WIB
100 anak Papua ini berasal dari wilayah yang beragam diterbangkan khusus ke Jayapura untuk mengikuti pelatihan.
100 anak Papua ini berasal dari wilayah yang beragam diterbangkan khusus ke Jayapura untuk mengikuti pelatihan. /Amanda - Portal Papua/

PORTAL PAPUA -  Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) melalui Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Melatih 100 anak muda Papua untuk menjadi pelaku usaha digital, bahkan 30 dari anak muda tersebut, diberikan permodalan langsung yang disponsori oleh PT. Freeport Indonesia untuk menjalankan usahanya.

100 anak Papua ini berasal dari wilayah yang beragam diterbangkan khusus ke Jayapura untuk mengikuti pelatihan yang diadakan tiga hari ke depan, dari tanggal 19 hingga 21 Mei. Kegiatan Forum Bisnis Daerah Papua bertajuk Pengembangan Usaha bagi Youthpreneur ini digelar untuk mendukung arahan Presiden Jokowi dalam menumbuhkan ekosistem kewirausahaan.

Baca Juga: Lanjutkan Program Jokowi, Bupati Romanus Mbaraka dan Papua Muda Inspiratif Tanam Jagung di Merauke

Bertempat di Hotel Swiss-Bell Jayapura, kegiatan ini dilakukan bersama dengan Papua Muda Inspiratif, PT. Freeport Indonesia, Yayasan Kitong Bisa dan  Sampoerna Retail Community (SRC).

Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Nina Mora menjelaskan program digitalisasi UMKM sangat penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia, karena UMKM berperan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini. Transaksi yang terjadi di lokapasar (e-commerce) sepanjang 2021 tumbuh 50,8 persen dan diprakirakan akan terus meningkat pada 2022 hingga mencapai Rp526 triliun, atau tumbuh 31,2 persen.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan nantinya turut mendorong tercapainya target kontribusi sektor ritel terhadap pertumbuhan ekonomi nasional 2022 sebesar 5,2 persen,” jelas Nina.

Pelatihan ini diadakan untuk mendorong para pelaku UMKM dalam penerapan kemajuan teknologi pada kegiatan usaha mereka. Sehingga, nantinya UMKM lokal dapat tembus ke pasar global. Pemerintah pusat juga mendorong dan memberikan dukungan penuh untuk memajukan giat dan para pelaku UMKM.

Bertempat di Hotel Swiss-Bell Jayapura, kegiatan ini dilakukan bersama dengan Papua Muda Inspiratif, PT. Freeport Indonesia, Yayasan Kitong Bisa dan  Sampoerna Retail Community (SRC).
Bertempat di Hotel Swiss-Bell Jayapura, kegiatan ini dilakukan bersama dengan Papua Muda Inspiratif, PT. Freeport Indonesia, Yayasan Kitong Bisa dan Sampoerna Retail Community (SRC).

 
Staff Khusus Presiden Republik Indonesia Billy Mambrasar, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan,Vice President Community Relation PT. Freeport Indonesia Bapak Engel Enoch, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Bapak Omah Laduani Ladamay, Head of Zone East Indonesia Sampoerna Subur, memberikan kata sambutan dan semangat kepada para peserta yang hadir pada pembukaan acara.
 
Atas nama Presiden RI Staff Khusus Presiden RI Billy Mambrasar berterimakasih kepada Kementerian Perdagangan, khususnya Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi dibawah Ditjen Perdagangan Dalam Negeri yang telah merangkul pelaku usaha kecil hingga ke Papua dan Papua barat.
Baca Juga: Siap Promosikan Kuliner Papua di Washington DC, Billy Mambrasar Diskusi Rencana Tersebut dengan KBRI Amerika
“Ini Bukti bahwa negara hadir, dan memperhatikan semua anak bangsa, serta memberikan semua kesempatan yag sama, dan terimakasih kepada Kementerian Perdagangan yang telah mewujudkan visi besar Presiden Joko Widodo ini”, Ujar Billy Mambrasar.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x