Bank Indonesia Papua Buka Serambi 2024 Sediakan Uang Layak Edar Sambut Idul Fitri 1445 H

- 20 Maret 2024, 13:00 WIB
Bank Indonesia Papua Buka Serambi 2024 Sediakan Uang Layak Edar Sambut Idul Fitri 1445 H
Bank Indonesia Papua Buka Serambi 2024 Sediakan Uang Layak Edar Sambut Idul Fitri 1445 H /

PORTAL PAPUA- Kick Off SERAMBI 2024 (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri tahun 2024) resmi di buka oleh Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Rabu (20/3/2024), lapangan kantor Otonom Kotaraja. Kegiatan satu hari ini bertujuan menyediakan uang layak edar untuk nantinya di gunakan merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H 2024. Di tempat yang sama Pemerintah Provinsi Papua bersama TPID Provinsi Papua melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) membuka pasar murah guna menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan sekaligus mencukupi pemenuhan permintaan masyarakat selama bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1445H.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Faturachman Menunjukan uang layak Edar
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Faturachman Menunjukan uang layak Edar

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Faturachman, menuturkan, selain memberikan pelayanan penukaran uang, Bank Indonesia Papua mengajak masyarakat lebih dekat mengenal dan mencintai Rupiah.“Kegiatan SERAMBI ini diharapkan dapat melengkapi kebahagiaan masyarakat di bulan suci Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1445H dengan menghadirkan uang Rupiah layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan melalui layanan kas prima. Kegiatan SERAMBI ini juga akan dirangkai dengan edukasi Rupiah melalui Tiga pilar yaitu CINTA, BANGGA, dan PAHAM RUPIAH, agar masyarakat semakin mencintai dengan merawat Rupiah secara baik, bangga menggunakan Rupiah di setiap transaksi di wilayah NKRI, dan paham menggunakan uang Rupiah dengan bijak atau digunakan sesuai keperluan,”Tuturnya.

Faturachman menjelaskan pelayanan penukaran uang baru bisa di lakukan di seluruh Bank yang ada di Papua,kemudian pelayanan tambahan wilayah Jayapura ada kas keliling bertempat di pasar, pelabuhan, instansi Pemerintahan, dengan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR. “Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua bersinergi dengan perbankan menyiapkan 100 titik penukaran yang tersebar di Provinsi Papua. Khusus untuk di Kota Jayapura, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua memperkuat layanan kas melalui kegiatan kas keliling yang menyasar langsung aktivitas ekonomi masyarakat seperti di Pasar Youtefa, Pasar Hamadi, Pasar Skouw, Pasar Lama Sentani dan beberapa pusat pertokoan di daerah Entrop, Abepura, dan Koya. Selain itu, melalui layanan kas keliling ini, Bank Indonesia juga akan membuka layanan penukaran Uang Pecahan Kecil di area Bandara,Terminal, Pelabuhan dan layanan khusus kepada instansi-instansi di Kota Jayapura dan sekitarnya.Untuk percepatan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil di kas keliling, masyarakat maupun instansi diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR di website www.pintar.bi.go.id,”Tutupnya.(Fransisca)

Editor: Fransisca Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x