BBPOM Jayapura Dampingi UMKM  Melalui Program Sagu Papua

- 31 Agustus 2023, 10:28 WIB
BBPOM Jayapura Dampingi UMKM  Melalui Program Sagu Papua
BBPOM Jayapura Dampingi UMKM  Melalui Program Sagu Papua /


PORTAL PAPUA- Dalam rangka percepatan mendapatkan izin edar produk dengan memberikan kemudahan, kepastian kepada pelaku UMKM sektor produksi Obat dan Makanan di Provinsi Papua, BBPOM di Jayapura hadir melalui program SAGU Papua (Siap dAmpinGi UMKM Papua). Pelaku usaha yang berkomitmen mengurus izin edar telah dilakukan pendampingan secara komprehensif meliputi, sosialisasi, bimtek, dan pengujian produk. Program SAGU Papua telah hasilkan produk lokal Papua antara lain pati sagu, kopi bubuk, minyak goreng kelapa, air minum dalam kemasan, minyak kayu putih, teh fermentasi, kripik keladi, ikan asar dan
frozen food telah mendapatkan izin edar, diproduksi secara konsisten dan dalam jumlah cukup besar yang pada akhirnya ikut meningkatkkan ekonomi masyarakat.

Hasil pendampingan UMKM oleh petugas BBPOM Jayapura melalui program SAGU Papua sejak Tahun 2020 hingga Bulan Agustus Tahun 2023, telah dilakukan pendampingan kepada 75 UMKM (Obat dan Makanan); telah diterbitkan 20 Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (IP CPPOB), 2 Sertifikat Cara Produksi Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan 1 persetujuan Denah Bangunan Produksi Kosmetik; serta 31 Nomor Izin Edar.

Dalam rangkaian kegiatan Program SAGU Papua, untuk percepatan proses registrasi produk pangan olahan BBPOM di Jayapura melakukan sosialisasi dan desk registrasi pangan olahan. Kegiatan yang dilakukan di aula BBPOM di Jayapura pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2023 diikuti baik secara luring maupun secara daring melalui aplikasi zoom meeting oleh UMKM yang bergerak dibidang produksi pangan olahan yang ada di wilayah kerja BBPOM di Jayapura.

Dalam kegiatan ini UMKM mendapatkan materi sosialisasi terkait perizinan berusaha melalui OSS, proses sertifikasi Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (IP CPPOB), registrasi pangan yang terintegrasi dengan OSS dan materi terkait label pangan. Materi sosialisasi tersebut merupakan materi yang perlu dipahami oleh UMKM sebelum mereka mengajukan registrasi untuk memperoleh Nomor Izin Edar yang merupakan syarat agar produk yang dihasilkan dapat diedarkan atau dipasarkan.

Pada kegiatan ini dilakukan pendampingan secara langsung kepada pelaku usaha yang akan mengajukan permohonan Nomor Izin Edar. Pendampingan dilakukan oleh petugas BBPOM di Jayapura untuk proses pengajuan sertifikat IP CPPOB, pengajuan registrasi akun perusahaan dan pengajuan nomor izin edar.

Dari kegiatan ini telah diterbitkan 3 (tiga) sertifikat IP CPPOB, dan 10 (sepuluh) sertifikat MD dari 5 (lima) UMKM. 1 (satu) pengajuan yang masih dalam tahap penilaian oleh evaluator dan 3 (tiga) pengajuan yang memerlukan tambahan data. Selain itu terdapat 5 UMKM yang telah disetujui registrasi akun perusahaannya pada aplikasi website https://ereg-rba.pom.go.id,

Petugas BBPOM di Jayapura melalui program SAGU Papua terus melakukan pendampingan kepada UMKM baik dalam proses sertifikasi IP CPPOB maupun dalam proses registrasi produk. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM yang memiliki jaminan atas mutu dan keamanan produknya melalui proses produksi yang memenuhi kaidah CPPOB dan produk yang memiliki izin edar.

Editor: Fransisca Kusuma


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x