PT. Freeport Indonesia Berikan Penguatan Budaya K3 Melalui Inovasi Teknologi Smart Mining di Areal Tambang

- 26 Februari 2022, 15:07 WIB
Foto Ilustrasi karyawan PT Freeport Indonesia.
Foto Ilustrasi karyawan PT Freeport Indonesia. /

PORTAL PAPUA - PT Freeport Indonesia (PTFI) tengah mengembangkan sejumlah inovasi teknologi pertambangan melalui penerapan teknologi smart mining, yakni konsep penerapan kecerdasan buatan, Internet untuk Segala (IoT), dan Mahadata (big data) dalam aktivitas operasi penambangannya, Sabtu, 26 Februari 2022.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah diskusi webinar yang diadakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional (BK3N) yang diselenggarakan PTFI. Penerapan smart mining ini mampu mendukung peningkatan keselamatan kerja seluruh karyawan PTFI, sejalan dengan tema Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) tahun 2022 bertajuk “TantangEra an Pelaksanaan dan Peningkatan Budaya Keselamatan Pertambangan (K3 dan Keselamatan Operasi) di Digitalisasi”.

 

Selama ini, PTFI secara konsisten menerapkan berbagai metode, sistem, dan kebijakan untuk mendukung terciptanya keselamatan kerja di seluruh area operasi perusahaan, termasuk penggunaan konsep smart mining. Beberapa contoh penerapan smart mining yang tengah PTFI jalankan dan kembangkan, adalah penggunaan teknologi 5G untuk mendukung operasi penambangan PTFI.

 

"Smart mining dalam kegiatan operasi PTFI diterapkan untuk mendukung terciptanya keselamatan kerja yang lebih baik dan memperkuat safety culture sebagai salah satu nilai utama perusahaan. PTFI akan terus menjadi salah satu pemimpin inovasi pertambangan di dalam negeri, tidak hanya untuk menomorsatukan serta mewujudkan keselamatan kerja karyawan, namun juga untuk meningkatkan produktivitas perusahaan," jelas EVP Site Operations dan Kepala Teknik Tambang PTFI Carl Tauran.

 

Saat ini PTFI tengah fokus mengembangkan tambang bawah tanahnya di Grasberg, Mimika, Papua. Pengembangan teknologi smart mining yang tengah berjalan akan mendukung PTFI mencapai produksi optimal dari tambang bawah tanah.

 

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Corporate Communications PT. Freeport Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x