Resmikan SMK Tempat Uji Kompetensi Astra Motor Papua Bersama Pemkot Jayapura Semangat Sinergi Bagi Negeri

- 3 Februari 2024, 18:15 WIB
Resmikan SMK Tempat Uji Kompetensi Astra Motor Papua Bersama Pemkot Jayapura Semangat Sinergi Bagi Negeri
Resmikan SMK Tempat Uji Kompetensi Astra Motor Papua Bersama Pemkot Jayapura Semangat Sinergi Bagi Negeri /


PORTAL PAPUA- Melalui Semangat Sinergi Bagi Negeri dan sebagai bentuk penguatan Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, Astra Motor Papua sebagai Main Dealer Sepeda Motor Honda di wilayah Pulau Papua meresmikan SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) di wilayah Kota Jayapura, Jum’at (2/02/2024) lalu.

Peresmian ini dihadiri PJ Walikota Jayapura yang di wakili oleh Asisten II Setda kota Jayapura Ibu Ir. B. Widhi Hartanti, Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang di wakili Ibu Nurjaya S. Pd MKP Kabid SMA/SMK Kota Jayapura dan Vocational Manager Astra Motor Papua Bpk Harry Pranata, SMK negeri 3 Teknologi dan rekayasa sendiri sudah mengimplementasikan Kurikulum TBSM honda sejak tahun 2012 dan menjadi SMK binaan Astra Motor Papua pertama yang telah lolos persyaratan sebagai tempat uji kemampuan keahlian seluruh siswa SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor," ujar Harry Pranata selaku Vocational Manager Astra Motor Papua.

Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri kami akan terus mendorong SMK binaan Honda yang lain untuk meningkatkan kualitasnya sehingga bisa menjadi SMK grade A+ atau SMK yg dapat menjadi Tempat Uji Kompetensi agar bisa segera menyusul SMK Negeri 3 Jayapura," sambungnya. Pengangkatan SMK TUK ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas terhadap program SMK TSM Honda, sehingga para lulusannya bisa memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

SMK TUK atau Tempat Uji Kompetensi merupakan sekolah dengan kurikulum teknik dan bisnis sepeda motor Honda dengan standar grade A+. Sekolah SMK berstandar A+ ini merupakan sekolah yang memiliki fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang baik yang mengikuti standarisasi yang sudah ditentukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM).
"Mulai dari ruang praktek, kelengkapan sarana laboratorium, unit sepeda motor yang bervariasi serta tools dan equipment yang lengkap sesuai dengan yang disyaratkan oleh AHM. Selain itu, keberadaan tenaga pengajar atau guru juga harus dipenuhi oleh para SMK calon TUK," bebernya.

Pada kesempatan kali ini juga diserahkan alat peraga berupa 1 (satu) unit Honda CBR 150 tipe ABS, Special Tools dan sertifikat TUK berlisensi dari PT Astra Honda Motor secara simbolis yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Jayapura Bpk. Frans Tunggul K.A, S.Pd.
Saat ini Astra Motor Papua memiliki 5 SMK mitra binaan yang tersebar di wilayah kerja Astra Motor Papua , dan 1 SMK sudah resmi berlisensi TUK dari PT Astra Honda Motor, yaitu SMK Negeri 3 Jayapura ini. Adapun SMK TUK ini akan berfungsi sebagai penyedia pelaksanaan uji kompetensi untuk guru dan siswa SMK TSM Honda.

Dalam mendukung kemajuan dunia vokasi di tanah air, AHM bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda sebagai bagian sistem pembelajaran dengan standar kompetensi yang dituntut oleh dunia kerja.
Hal ini dilakukan melalui penyusunan bahan ajar, pelatihan dan sertifikasi guru, praktik kerja di industri, uji kompetensi siswa, teaching factory (TEFA), dan laboratorium praktik standar industri.

Editor: Fransisca Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x