Serangan Digital India Terhadap China: 59 Aplikasi Diblokir Termasuk TikTok dan PUBG

- 26 Januari 2021, 11:36 WIB
Ilustrasi TikTok.
Ilustrasi TikTok. /

 

PORTAL PAPUA - Pemerintah India saat ini disebut-sebut tengah melakukan "serangan digital" terhadap pemerintah China pasca bentrokan yang terjadi di perbatasan Himalaya antara pasukan China dan tentara India yang menewaskan 20 tentara India.

Melalui Kementerian elektronik dan teknologi informasi, Pemerintah India mengeluarkan perintah pemblokiran terhadap 59 aplikasi China termasuk aplikasi TikTok pada bulan Juni.

Aplikasi-aplikasi tersebut terpaksa diblokir karena dianggap dapat merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum.

Baca Juga: PLN Berpotensi Rugi Lantaran Alami Surplus Listrik 60 Persen, DPR RI: Kurangi Sistem TOP

Sebelum mematenkan larangan dan pemblokiran,  pemerintah India memberi 59 aplikasi tersebut kesempatan untuk menjelaskan posisi mereka tentang kepatuhan terhadap persyaratan privasi dan keamanan.

Perusahaan, termasuk platform distribusi video populer TikTok milik ByteDance, platform perpesanan WeChat milik Tencent dan peramban UC Browser milik Alibaba, juga diminta untuk menanggapi daftar pertanyaan soal privasi dan keamanan.

Namun, karena dirasa penjelasan dari 59 aplikasi tersebut tidak memuaskan, pemerintah India terpaksa harus diblokir.

Baca Juga: Berbusana Ala Korean Style, Unggahan Gisel Anastasia Dibanjiri Komentar Pedas Netizen

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x