Universitas Cenderawasih dengan Dirjen PURP Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura Gelar Kuliah Umum

- 21 Juni 2022, 16:40 WIB
Universitas Cenderawasih dengan DIRJEN PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura mengadakan kuliah umum .
Universitas Cenderawasih dengan DIRJEN PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura mengadakan kuliah umum . /Portal Papua/

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) - Universitas Cenderawasih dengan DIRJEN PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura mengadakan kuliah umum dan pemberian kompetensi tambahan bagi lulusan dan calon lulusan program vokasi dan Sarjana Fakultas Teknik di Jayapura, Senin, 20 Juni 2022.

Baca Juga: Untuk Kita Renungkan, Janganlah Kita Lupa Memperkatakan Firman Tuhan

Kegiatan ini menurut estimologi kompetensi diartikan sebagai kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. kompentesi adalah suatu keterampilan, pengetahuan, sikap dasar, dan nilai yang terdapat dalam diri seseorang yang tercermin dari kemampuan berpikir dan bertindak secara konsisten.

Dengan kata lain, kompetensi tidak hanya tentang pengetahuan atau kemampuan seseorang, namun kemauan melakukan apa yang diketahui sehingga menghasilkan manfaat.

 

Sedangkan menurut ahli, Jack Gordon (1998), ada 6 aspek yang terkandung dalam konsep kompetensi, yaitu; Pengetahuan (knowledge), Pemahaman (understanding), Kemampuan (skill), Nilai (value), Sikap (attitude), Minat (interest). Secara etimologis kata “kompetensi” diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu “competence” atau “competency” yang artinya kecakapan, kemampuan, dan wewenang. Sehingga pengertian kompetensi adalah gabungan antara pengetahuan, keterampilan dan atribut

kepribadian seseorang sehingga meningkatkan kinerjanya dan memberikan kontribusi bagi keberhasilan organisasinya.

Pemberian Cenderamata dari Pelaksana Kegiatan Balai Jakon Wilayah VII Jayapura.
Pemberian Cenderamata dari Pelaksana Kegiatan Balai Jakon Wilayah VII Jayapura.

Kemudian menurut Stephen Robbin (2007:38), pengertian kompetensi adalah suatu kemampuan (ability) atau kapasitas seseorang untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, dimana kemampuan tersebut ditentukan oleh faktor intelektual dan fisik.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x