Interseksi Antara Kelompok Bersenjata dan Jaringan Terorisme di Indonesia, Oleh Steve Rick Elson Mara, S.H.

- 14 Mei 2022, 00:20 WIB
Steve Rick Elson Mara, S.H.,M.Han. (Penulis Buku Kita Semua Mau Hidup Damai)
Steve Rick Elson Mara, S.H.,M.Han. (Penulis Buku Kita Semua Mau Hidup Damai) /Portal Papua/

PORTAL PAPUA  - Interseksi Antara Kelompok Bersenjata dan Jaringan Terorisme di Indonesia, Oleh : Steve Rick Elson Mara, S.H., M.Han. (Kader Intelektual Bela Negara)

 

Kelompok kriminal Bersenjata (KKB) di Papua dalam beberapa waktu terakhir ini terlihat terus meningkatkan volume serangan mereka kepada kekuatan pertahanan militer Indonesia namun juga kepada warga sipil dibeberapa daerah di Papua.

KKB yang menyebutkan kelompok mereka sebegai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) ini melakukan serangan dan mengaku bertanggung jawab atas setiap serangan yang dilakukan, hal itu disampaikan oleh juru bicara kelompok melalui video singkat yang viral di media sosial.

 

Penyerangan yang dilakukan oleh kelompok tersebut kepada militer telah dikonfirmasi menggunakan senjata modern dan juga BOM modern yang sampai saat ini belum terkonfirmasi dari mana asal senjata modern tersebut. Jenis bom yang digunakan adalah granat GLM (sumber : kabar24.com Fakta KKB serang pos marinir di Papua).

 Baca Juga: Jokowi Dijamu Makan Malam Bersama Joe Biden sebagai Tamu Terhormat, Bungkam Mulut Besar Natalius Pigai

Pembantaian lain yang dilakukan oleh kelompok tersebut adalah terhadap 8 orang warga sipil pekerja pegawai PT. Palapa Timur Telematika (Sumber : liputan6.com media dunia sorot serangan KKB ke Pegawai PTT di Papua). Kasus terbaru adalah serangan terhadap dua tukang ojek di kabupaten Puncak, satu orang dinyatakan meninggal dunia dalam penyerangan tersebut, serangan tersebut dikonfirmasi polda Papua bahwa dilakukan oleh KKB kodap Puncak Jaya (sumber : regional.kompas.com KKB berulah di Puncak Jaya Papua).

 

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x