Komnas HAM RI Perwakilan Papua, Menggelar Diseminasi dan Cara Negosiasi Kepada Anggota Brimob Polda Papua

- 10 Juni 2024, 20:24 WIB
Foto bersama Komnas HAM RI perwakilan Papua dan Anggota Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Papua usai kegiatan Diseminasi, Senin 10 Juni 2024 (Portal Papua) Silas Ramandey)
Foto bersama Komnas HAM RI perwakilan Papua dan Anggota Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Papua usai kegiatan Diseminasi, Senin 10 Juni 2024 (Portal Papua) Silas Ramandey) /

 

PORTAL. PAPUA - Bertempat di Markas Komando Korps Brigade Mobil Kotaraja, Kota Jayapura, Senin 10 Juni 2024 pagi. Komnas HAM RI perwakilan Papua menggelar Diseminasi atau sosialisasi pengetahuan HAM kepada anggota Batalyon A Pelopor Brimob Polda Papua.

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI perwakilan wilayah Papua Frits B Ramandey, S.Sos.,M.H menyebutkan bahwa pihaknya memberi Diseminasi beserta sedikit pelatihan materi cara negosiasi dalam konflik kepada anggota Batalyon A Pelopor Brimob Polda Papua.

Merupakan bagian dari tindak lanjut kesepakatan  Komnas HAM RI bersama Mabes Polri baru -baru ini.

Dan Diseminasi ini  sangatlah penting diberikan kepada anggota Brimob untuk meningkatkan ide atau gagasan, dalam penanganan konflik menjelang momentum Pilkada serentak khususnya di tanah Papua bahkan momentum lainnya.

Dok Portal Papua
Dok Portal Papua
Sebab kata Frits Ramandey setiap saat anggota Kepolisian khusus Brimob ini pasti bersentuhan langsung dengan pihak-pihak yang berkonflik. Baik itu konflik Sosial, konflik Sumber Daya Alam, maupun konflik dalam momen Politik.

"Kenapa Diseminasi HAM itu menjadi penting?,  supaya mereka (Anggota Brimob) juga punya pengetahuan yang cukup dengan prinsip defenisi HAM. Sehingga apa yang mereka lakukan tidak kemudian Negara menjadi pihak yang dituduh melanggar HAM, karena tindakan Aparatur Negara itu mewakili Negara",ungkapnya.

Untuk itu Ramandey mengharapkan tindakan anggota Brimob sekarang ini tidak memenuhi unsur kekerasan, dan agar tidak dikatakan pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Terkait dengan negosiasi dirinya berharap apa yang dilakukan atau diterima saat ini, itu menjadi bekal dalam menghadapi tugas Pilkada dan Demo-demo.

Dirinya juga mengaku Batalyon A Pelopor satuan Brimob Polda Papua punya rekam jejak yang baik dan telah berhasil melakukan negosiasi terhadap masa-masa yang beberapa kali melakukan aksi demo seperti yang pernah sudah dilakukan oleh Komandan Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Papua saat ini yakni  Kompol Clief GP Duwith.

Halaman:

Editor: Silas Ramandey


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah