Gapai Tingkatkan Kualitas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kabupaten Jayapura

- 15 Mei 2024, 18:31 WIB
Gapai Tingkatkan Kualitas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kabupaten Jayapura
Gapai Tingkatkan Kualitas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kabupaten Jayapura /

PORTAL PAPUA- Pemerintah Provinsi Papua bekerjasama dengan UNICEF melalui Yayasan Gapai Harapan Papua bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura melaksanakan kegiatan Kick Off (mendahulukan/memulai) dan Pelatihan Peningkatan Akses dan Kualitas Kesehatan Lingkungan di Puskesmas. Kegiatan ini dilakukan di Hotel Suni Sentani dan akan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 14-15 Mei 2024.

WASH Officer UNICEF Papua-Papua Barat, Reza Hendrawan
WASH Officer UNICEF Papua-Papua Barat, Reza Hendrawan

WASH Officer UNICEF Papua-Papua Barat, Reza Hendrawan mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan status kesehatan lingkungan (kesling) di sarana-sarana fasilitas kesehatan (faskes) masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura.

"Seperti yang kita ketahui, Puskesmas ini kan harus dilengkapi dengan sarana-sarana misalnya air, jamban, toilet, bahkan harus ada pengelolahan limbah medisnya. Harus ada yang kelola dan memastikan ini ada biaya," katanya.

Dijelaskan, pihaknya bertugas untuk membantu melakukan penilaian terkait hal tersebut. "Kami akan melihat apakah dari standar yang kita inginkan sudah sesuai atau belum, misalnya dari kondisi air bersihnya, sarana sanitasi atau toiletnya sudah memenuhi kriteria atau belum, nah ini yang akan kita cek bersama," jelas Reza.

Selain itu, pihaknya juga membantu pihak Pemerintah Daerah membantu mengindetifikasikan permasalahan fasilitas kesling yang akan dinilai tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Edward Sikettang, pelatihan ini mendukung perbaikan fasilitas air bersih Puskesmas, membantu Puskesmas terakreditasi, melaksanakan PPI.

“Program ini mendukung kesehatan kegiatan Puskesmas, pencegahan infeksi Puskesmas, ada 4 Puskesmas (Namblong, Gresi selatan, Pagai, Kamtuk) belum memiliki akses air bersih karena bencana, cuaca ekstrim. Program Wash akses Puskesmas Namblong memiliki kembali akses air bersih, melalui program ini semua Puskesmas terakreditasi. Program ini kita berharap ada perubahan perilaku yang akan menopang pelaksanaan PPI (upaya mencegah dan meminimalkan terjadinya infeksi pada pasien, petugas, pengunjung, dan masyarakat sekitar fasilitas pelayanan kesehatan),”Tutupnya.

Editor: Fransisca Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah