Gapai Latih Tenaga Medis Puskesmas Kabupaten Jayapura Kelola Limbah Medis

- 15 Mei 2024, 17:40 WIB
Gapai Latih Tenaga Medis Puskesmas Kabupaten Jayapura Kelola Limbah Medis
Gapai Latih Tenaga Medis Puskesmas Kabupaten Jayapura Kelola Limbah Medis /

PORTAL PAPUA- Guna meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Jayapura, Yayasan Gapai Papua mengadakan pelatihan bagi petugas kesehatan mengelola limbah medis, dengan memanfaatkan fasilitas penunjang, selain itu juga perlu ada dukungan semua pihak kesehatan untuk tata kelola limbah medis, Air, dan Sanitasi di Puskesmas. Hadir 26 peserta terdiri dari tenaga medis Puskesmas, Tenaga Farmasi Puskesmas, Tenaga kesehatan lingkungan. Rabu (8/5/2024) Hotel Suni Sentani. Kegiatan ini di dukung sepenuhnya oleh Unicef Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Dr. Robby Kayame, dalam sambutanya meminta agar seluruh Puskesmas di Kabupten Jayapura secepatnya melaksanakan  mengelola limbah medis dengan baik.

“Memang limbah medis menjadi suatu prioritas, hasil survey ini akan memberikan gambaran pada masyarakat. Kami minta melakukan segera melaksanakan tata laksana limbah di Puskesmas, terindikasi dari level atas sampe ke bawah, dampak dari limbah kesadaran tata kelola limbah yang baik sesuai SOP, bagaimana mengamankan limbah medis dan non medis sangat penting.”Katanya.

 

Kepala Puskesmas Sentani, dr Raymond Ekman Simamora, menjelaskan saat ini langkah cepat mengunakan incinerator (sarana atau perangkat berupa mesin pengolah limbah medis padat) sambil menungu pihak ketiga untuk kelola sampah medis Kabupten Jayapura.

“Kita berusaha dengan di berikan arahan dari Dinas bagaimana mengelola sampah yang baik, limbah cair sudah baik karena sudah mengunakan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah medis). Limbah padanya kita adakan pertemuan hari ini, saat ini ambil jalan tengah, untuk sementara kita gunakan insenirator, sisa pembakaran di taruh di tabung residu yang tertutup, bisa di terapkan di setiap Faskes, kalau ada mengunakan pihak ketiga solusi yang lebih baik,”Ucapnya.

 

Editor: Fransisca Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah