Kue ‘Kontol Kejepit’, Nama Unik Khas Bantul

- 11 Juni 2021, 09:12 WIB
Ilustrasi kue "Kontol Kejepit"
Ilustrasi kue "Kontol Kejepit" /

PORTAL PAPUA-Bagi yang belum tahu, pasti sangat terkejut ketika mendengar nama sebuah kue ‘Kontol Kejepit’. Untuk sekarang, kue ini lebih dikenal dengan sebutan makanan kue andrem.

Baca Juga: Saat Ulang Tahunnya, Hyeri Girl’s Day Memberikan Kado kepada UNICEF

Kue yang berasal dari Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut sudah ada sejak lama dengan sebutan ‘Tolpit’ atau ‘Kontol Kejepit’. Ternyata, kue tersebut dinamai demikian karena berasal dari bentuknya yang mirip kelamin pria yang terjepit selain untuk mencuri perhatian dari para pembeli.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue tersebut ialah tepung beras dan gula jawa. Ketika disantap, kue tersebut kenyal dan rasanya manis serta gurih.

Baca Juga: Setelah dari Oxford University, Maudy Ayunda Akhirnya Berhasil Menyelesaikan Gelar Magister di Stanford Univer

Kue ini mudah didapat ketika mengunjungi wilayah Bantul. Harganya pun murah meriah, dari Rp 1000 per satuan hingga Rp 25.000 per kemasan.

Melansir PikiranRakyat.com-Haloyouth yang berjudul Mengenal Kue ‘Kontol Kejepit’ Makanan Khas Bantul yang Legendaris, Rasanya Enak kue ini memiliki varian rasa yang berbeda-beda.

“Ada rasa strobery, nangka dan melon,” ujar Kisminah pembuat kue tersebut di kanal YouTube ProjotTv pada 2020 lalu.

Baca Juga: Kaki Seribu Rumah Adat Suku Afrak, Provinsi Papua Barat

Halaman:

Editor: Atakey


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X