Upaya Penanganan COVID 19 Terbaru Pemerintah Pusat Siapkan Bantuan Fasilitas Isolasi Mandiri di Daerah

- 11 Juni 2021, 08:11 WIB
terjadi peningkatan tajam angka penderita covid-19 di Indonesia
terjadi peningkatan tajam angka penderita covid-19 di Indonesia /Pixabay/Gerd Altmann

PORTAL PAPUA-Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut pemerintah pusat siap membantu pengadaan fasilitas isolasi dan karantina mandiri di daerah. Langkah ini diambil dalam upaya desentralisasi pembiayaan secara bertahap.

"Hal ini menimbang upaya penanganan covid-19 terbaik sesuai dengan tantangan dari setiap daerah dapat disesuaikan secara lebih efektif," kata Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Mendes PDTT Usulkan Alokasi Dana Otsus untuk Pembangunan Ekonomi Kampung

Menurut dia, kesepakatan antarkementerian dan lembaga terkait bersama pemerintah daerah (pemda) memutuskan mendesentralisasi pembiayaan isolasi mandiri. Awalnya, pembiayaan itu tersentral di pemerintah pusat. Ke depan, pembiayaan terdesentralisasi di daerah.

Pemerintah pusat siap membantu pemda yang terkendala, khususnya dalam pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri. Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan forum komunikasi bersama pemerintah pusat agar dapat mencari jalan keluar bersama-sama.

Baca Juga: Kepala BNPT: Masyarakat Papua Terus Menggelorakan Cinta Damai

Selain itu, pemerintah pusat terus mengambil tindakan cepat dengan berkoordinasi dan mengirimkan bantuan untuk mempermudah daerah dengan kasus covid-19 meningkat usai libur Lebaran 1442 Hijriah. Pemerintah mengonversi tempat tidur pasien hingga mengintensifkan PPKM mikro untuk mengetatkan protokol kesehatan.

Wiku meminta pemda terus mengantisipasi kenaikan kasus. Pemda tak boleh terlambat bergerak hingga kasus covid-19 semakin tak terkendali.

"Mohon kepada seluruh bupati dan wali kota untuk segera memperbaiki penanganan covid-19 di daerah masing-masing," ujar Wiku

Halaman:

Editor: Atakey


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X