Tersedia di Beberapa Kota, Ini Cara Mengaktifkan 5G Telkomsel

- 9 Juni 2021, 18:23 WIB
Jaringan 5G Telkomsel telah tersedia di Jakarta, Bandung, Tangerang dan kota besar lainnya. Ini cara aktifkan jaringan 5G Telkomsel dari rumah saja.
Jaringan 5G Telkomsel telah tersedia di Jakarta, Bandung, Tangerang dan kota besar lainnya. Ini cara aktifkan jaringan 5G Telkomsel dari rumah saja. /Pixabay

PORTAL PAPUA-Meskipun hanya beberapa daerah di Indonesia, layanan 5G telah dikeluarkan oleh Telkomsel. Mulai tersedia di Jakarta, Solo, Bandung, Surabaya, Denpasar, Batam, Makassar, Balikpapan dan Medan.

Agar sinyal bar sinyal terdapat tulisan 5G Telkomsel, begini cara yang ditempuh untuk mengaktifkan layanan 5G Telkomsel.

Baca Juga: Adanya Layanan 5G, Direktur Network Telkomsel Nugroho: Wujud Nyata Komitmen

Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel mampu mencapai jaringan di spektrum frekuensi N40 atau 2,3GHZ. Karena jika bisa, maka akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. 

Kedua, melakukan unlock di perangkat ponsel agar bisa terhubung ke 5G. Nah, untuk proses unlock kadang kala membingungkan bagi yang belum tahu. Biasanya, unlock digulirkan Over The Air (OTA) atau semacam melakukan proses pembaruan perangkat lunak ponsel.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Bakal Melawat ke Papua, Menko Polhukam Diminta Stabilkan Keamanan

Untuk cara kedua ini, yang belum bisa melakukannya bisa mengunjungi layanan pelanggan masing-masing merk ponsel.

Langkah selanjutnya, meskipun ponsel sudah di-unlock, namun pengguna belum bisa mengaktifkan layanan 5G. Pasalnya, Telkomsel hanya memberikan undangan terbatas bagi pengguna Telkomsel.

Dengan adanya langkah-langkah di atas, tidak disarankan bagi para pengguna 5G untuk menggantikan kartu SIM. Karena tetap tidak bisa mengaktifkan layanan 5G meskipun telah mengganti kartu SIM yang baru.

Halaman:

Editor: Atakey


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X