Hati-hati HOAX! Link Bantuan Pulsa RP200 Ribu dan Kuota 75 GB dari Kominfo

- 8 Juni 2021, 19:00 WIB
HOAKS - Pesan berantai dan link bantuan subsidi pulsa Rp200 ribu dan kuota 95 GB dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).*
HOAKS - Pesan berantai dan link bantuan subsidi pulsa Rp200 ribu dan kuota 95 GB dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).* //KOMINFO

PORTAL PAPUA-Baru-baru ini beredar sebuah link dengan narasi bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan bantuan pulsa Rp200 ribu dan kuota 75 GB untuk para dosen, guru, siswa dan mahasiswa selama masa pandemi.

Baca Juga: Cara Cek Bantuan BLT UMKM Rp1,2 Juta di BNI dan BRI

Narasi ini beredar melalui pesan WhatsApp. Berikut narasi selengkapnya:  "KOMINFO Bantuan Pulsa 200RB dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama masa pandemi”.

Dilansir dari kominfo.co.id klaim bahwa link terkait bantuan dari Kominfo, adalah salah. Faktanya, informasi tersebut adalah kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat dengan sedikit modifikasi.

Baca Juga: AYO! Cek Eform.Bri.go.id Buat Tahu Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta

Link pesan berantai tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat diklik penerima pesan.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

Editor: Atakey


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X