Siap Ikuti Jambore Nasional, Pramuka di Papua Harus Jadi Agen Perubahan

- 2 Agustus 2022, 12:00 WIB
Suasana pelantikan   Majelis  pembimbing daerah gerakan Pramuka Papua, kwartir daerah gerakan Pramuka Papua, dan lembaga pemeriksa keuangan gerakan Pramuka Papua, masa bhakti 2020-2025, di gedung Sasana Krida kantor Gubernur Papua.
Suasana pelantikan Majelis pembimbing daerah gerakan Pramuka Papua, kwartir daerah gerakan Pramuka Papua, dan lembaga pemeriksa keuangan gerakan Pramuka Papua, masa bhakti 2020-2025, di gedung Sasana Krida kantor Gubernur Papua. /Celia Waromi / lintaspapua.com/

PORTAL PAPUA  -  Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, melantik dan mengukuhkan Majelis  pembimbing daerah gerakan Pramuka Papua, kwartir daerah gerakan Pramuka Papua, dan lembaga pemeriksa keuangan gerakan Pramuka Papua, masa bhakti 2020-2025, yang berlangsung di gedung Sasana Krida kantor gubernur Papua, Senin, 1 Agustus 2022.

pesta besar Jambore Pramuka yang diikuti oleh usia 12 s/d 15 tahun yang akan memberikan satu proses pembelajaran bagi generasi penerus bangsa.

Baca Juga: Masyarakat Bisa Ikuti Upacara Hari Kemerdekaan RI Tahun 2022 secara Terbatas

"Jambore adalah pesta besar yang dilakukan oleh pramuka penggalang, dengan usia 12 s/d 15 tahun dan ini merupakan generasi penerus bangsa kita.


Dengan mengikuti jambore Nasional ini tentunya memberikan satu proses pembelajaran dan pengalaman di mana dalam perkemahan ini digelar berbagai macam kegiatan yang sangat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terutama untuk peserta didik," kata Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

"Kegiatan pertama adalah kegiatan keterampilan di mana keterampilan ini salah satunya kegiatan tali-temali semafor, morse, pioned dan lain sebagainya. Juga kegiatan kampung Pramuka berkelanjutan, petualangan air dan juga diajarkan  cara mendayung, pengamanan di danau, selain itu ada kegiatan budaya Nusantarayang dikemas oleh seluruh warga kwarda yang ada di 34 provinsi ini dan akan menampilkan sesuai dengan budaya provinsi masing-masing. Ini tentu akan memberikan satu pengalaman yang sangat baik untuk peserta bisa mengenal antar budaya di Indonesia. selain itu ada kegiatan wisata edukasi juga membangun peserta didik untuk mempunyai kemampuan yang mandiri," ungkapnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.I.P, MM, dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli Gubernur bidang politik dan pemerintahan, Elsye Rumbekwan mengatakan, Kwartir Nasional telah mencanangkan tema berbakti tanpa henti dengan mengedepankan Pramuka peduli anggota pramuka di seluruh Indonesia pada umumnya dan Papua khususnya telah melibatkan diri dalam kegiatan pramuka peduli sejak Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia.

"Anggota pramuka di kwartir daerah Papua telah melibatkan diri sebagai relawan PON XX di Cluster Kota Jayapura, cluster Merauke, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika. Ini menunjukkan bahwa Pramuka sebagai garda terdepan telah memposisikan diri sebagai salah satu wadah yang bertanggung jawab atas kejadian yang melanda negeri ini. Oleh sebab itu atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Papua saya menyampaikan selamat kepada pengurus gerakan Pramuka Papua pengurus kwartir daerah gerakan Pramuka Papua dan lembaga pemeriksa keuangan kwartir daerah gerakan Pramuka Papua periode 2020-2025 yang dilantik pada hari ini," katanya.

Baca Juga: Isele Putra FC Pastikan Diri Masuk Final Turnamen Ondofolo Heram Cup IV 2022, Siap Hadapi Kirime FC

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x