Ulos Batak Sebagai Penghormatan dan Kebanggaan Kepada Bupati Mathius Awoitauw dan Sekda Hanna Hikoyabi

- 28 Juni 2022, 21:40 WIB
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Sekda Kabupaten Jayapura Hanna S. Hikoyabi, ketika disematkan kain Ulos.
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Sekda Kabupaten Jayapura Hanna S. Hikoyabi, ketika disematkan kain Ulos. /Muhammad Irfan / lintaspapua.com/

PORTAL PAPUA  - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., dan Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., disematkan Ulos sebagai bentuk penghormatan dan kebanggaan masyarakat Batak pada pelantikan pengurus Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura, di Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.


Kehadiran kedua pejabat Pemkab Jayapura disambut upacara adat pemberian kain Ulos sebagai wujud kebesaran hati masyarakat Batak yang berada di Bumi Khenambay Umbay, Sabtu 25 Juni 2022.

Baca Juga: Didalam Kasih Tidak Ada Ketakutan, Karena Begitu Besar Kasih Allah
Dalam sesi tortor, tampak Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) yang baru dilantik Sihar L. Tobing, mempersembahkan Ulos Batak disematkan langsung kepada Bupati Jayapura dan Sekda Kabupaten Jayapura, sebagai tanda penghormatan dan merupakan identitas budaya Batak yang dikenal hingga ke mancanegara.

Pemkab Jayapura disambut upacara adat pemberian kain Ulos sebagai wujud kebesaran hati masyarakat Batak yang berada di Bumi Khenambay Umbay, Sabtu 25 Juni 2022.
Pemkab Jayapura disambut upacara adat pemberian kain Ulos sebagai wujud kebesaran hati masyarakat Batak yang berada di Bumi Khenambay Umbay, Sabtu 25 Juni 2022.

Kegiatan itu dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jayapura Muhammad Amin dan sejumlah anggota DPRD seperti Muhammad Akbar, Kilion Kogoya, Slamet, serta Martheis Lewerissa, kemudian para pengurus BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, ketua-ketua paguyuban seperti Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura Wagus Hidayat, Ketua HKJM Kabupaten Jayapura Supardi dan tamu undangan lainnya.


Kepada wartawan, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., mengatakan, sangat tersanjung dan merasa bangga karena menerima kain Ulos, sehingga dirinya mengucapkan terima kasih kepada ketua dan pengurus Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura.

Baca Juga: Kenapa Harus Takut ??, Karena Tuhan Yesus Berjalan Bersama Kita
"Pertama, terima kasih untuk pengurus Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) baik Provinsi Papua maupun Kabupaten Jayapura, yang memberikan apresiasi. Tapi, juga mengajak menjadi bagian dari keluarga Batak. Sekali lagi terima kasih, dan ini merupakan persaudaraan kita yang tidak dibatasi dengan suku atau ras. Bahwa, kita ada dimana-mana, tapi kita tidak kemana-mana," ucap Mathius Awoitauw.


"Ini menjadi bentuk silaturrahmi antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat termasuk suku Batak yang bermukim di daerah ini. Saya berharap dengan kebersamaan ini seluruh proses pembangunan di Kabupaten Jayapura dapat terwujud," ungkap Bupati Jayapura dua periode ini menambahkan.

Baca Juga: Hidup Kudus Sebagai Standar Hidup Orang Percaya, Karena Itulah Kehendak Tuhan
Sementara itu, Ketua KMB Kabupaten Jayapura yang baru dilantik, Sihar L. Tobing, S.H., mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Jayapura dan Sekda Kabupaten Jayapura menghadiri acara pelantikan pengurus KMB Kabupaten Jayapura Periode 2021-2026.


"Itu (pemberian Ulos) bagi kami orang Batak sebuah hal yang sangat sakral, dan tidak sembarang tempat itu disampaikan (diberikan). Karena itu sebagai doa kami kepada pak Bupati, yang mana beliau sudah bersama-sama dengan kami kurang lebih selama 10 tahun," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: LintasPapua.Com


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x