PORTAL PAPUA - Berkebun merupakan salah satu aktivitas untuk mengisi waktu luang, bahkan mempunyai banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan, yakni dapat meredakan stres dan hasil dari bercocok tanam tersebut bisa menjadi konsumsi bersama keluarga. 

Salah satu kegiatan bercocok tanam yang hasilnya bisa dikonsumsi sendiri adalah tanaman sayuran. Sebelum menanam sayuran, penting untuk memilih bibit benih yang terbaik agar dapat dirawat dan tumbuh dengan baik. 

Ternyata perawatan tanaman sayuran lebih mudah dibandingkan dengan tanaman hias lho, Ma! 

Dalam menanam sayuran tidak harus di lahan yang luas, bisa juga di sekitar pekarangan rumah. Berikut ini Portal papua memberikan informasi selengkapnya mengenai bibit tanaman yang mudah ditanam di rumah. 

1. Bibit cabai paprika yang berwarna campuran

Cabai paprika berjenis warna campuran menjadi salah satu tanaman sayur yang bisa Mama tanam di halaman rumah dengan menggunakan pot atau langsung di pekarangan. Bibit ini dapat ditanam di pot atau polybag ukuran diameter 30-40 cm dengan jarak tanaman 30-40 cm. 

Namun, apabila tidak ingin memakai tanah Mama bisa mencobanya dengan sistem hidroponik. 

Ketika tanaman ini dirawat dengan baik dan rutin akan membuatnya lebih tahan penyakit, usia panen yang jelas, dan bobotnya baik sehingga hasil panennya bisa optimal. Untuk harga bibit paprika cukup menyiapkan biaya sekitar Rp 12.000 hingga Rp 15.000 saja, sangat terjangkau bukan?

2. Bibit sayuran kale lacinato

Kale lacinato merupakan keluarga dari sawi-sawian. Perbedaan kedua tanaman tersebut terlihat dari fisiknya, kale memiliki daun yang lebih keriting dibandingkan sawi lainnya. Tanaman ini telah dibudidayakan turun-temurun yang bisa disebut heirloom

Halaman:

Editor: Esron Oko Demetouw

Sumber: popmama.com


Tags

Terkini