Siap Berunding dengan Pemerintah Indonesia, TPNPB-OPM Minta Tak Libatkan TNI-Polri

- 16 Juni 2021, 14:42 WIB
Kelompok Teroris TPNPB-OPM Mengeluarkan Video Peringatan Untuk Warga Pendatang di Papua
Kelompok Teroris TPNPB-OPM Mengeluarkan Video Peringatan Untuk Warga Pendatang di Papua /Tangkap Layar Video Instagram @manaberita/

PORTAL PAPUA-Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) telah menyatakan keinginan mereka untuk melakukan perundingan damai untuk menyelesaikan konflik senjata di Papua.

Namun, pihak TPNPB-OPM secara tegas menyatakan bahwa mereka tidak ingin TNI/Polri dilibatkan dalam perundingan damai tersebut.

Baca Juga: Terlibat dalam Jaringan Pemasok Senpi untuk KKB, Seorang Pria di Puncak Papua Ditangkap Polisi

Keinginan untuk melakukan perundingan tersebut disampaikan oleh Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambon.

"Kami sudah ajukan Perundingan untuk selesaikan konflik bersenjata antara Pasukan TPNPB-OPM dan Pemerintah Indonesia, bukan dengan TNI/Polri," kata Sebby melalui pesan singkat, pada Selasa, 15 Juni 2021, dikutip dari Antara.

Perlu diketahui, keinginan untuk melakukan perundingan untuk menyelesaikan konflik senjata di Papua juga merupakan keinginan dari Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Rachmawati Soekarnoputri Jadi Ketua Dewan Pembina Persipura, Tomi Mano: Rakyat Papua Bangga

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terkait penyelesaian konflik di Papua.

Jokowi sendiri menegaskan bahwa persoalan yang selama ini terjadi di Papua dan Papua Barat tak bisa diselesaikan hanya dengan senjata dan letusan perang.

Halaman:

Editor: Atakey


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X