Peneliti di Harvard Temukan Ruam Kulit sebagai Satu Gejala Spesifik Terinfeksi COVID-19

- 18 November 2020, 11:32 WIB
Ilustrasi gatal, penyakit kulit. /PIXABAY/Nastya Gepp

PORTAL PAPUA – Sejak muncul pertama kali pada Desember 2019 yang lalu, pandemi COVID-19 telah menyebabkan 1.332.328 kematian, dan menginfeksi lebih dari 55.349.529 orang di seluruh dunia.

COVID-19 dapat menginfeksi siapa saja, dengan gejala-gejala mulai dari yang ringan hingga sangat parah. Beberapa orang yang memiliki penyakit kronis lainnya mungkin akan mengalami gejala yang lebih parah, karena memiliki karakteristik atau kondisi medis yang lebih berisiko.

Beberapa gejala telah dikaitkan dengan penyakit pernapasan, batuk, demam, dan sesak napas. Gejala-gejala ini menjadi gejala yang paling umum yang mengindikasikan bahwa seseorang terinfeksi COVID-19.

Baca Juga: 2 Tahun Terapung Wanita Ini Ditemukan Kaku Tapi Masih Hidup

Sebagaimana dikutip PortalPapua.com dari Boldsky, 17 November 2020, dalam studi terbaru yang dilakukan oleh Andrew Chan, seorang profesor imunologi dan penyakit menular di Harvard T. H. Sekolah Kesehatan Masyarakat, ditemukan satu gejala spesifik yang mengindikasikan bahwa seseorang terinfeksi COVID-19. Gejala spesifik yang dimaksudkan adalah ruam kulit, yaitu bintil-bintil merah pada kulit.

Penemuan Chan ini tentunya bermanfaat, karena Chan adalah salah satu pendiri aplikasi Studi Gejala COVID-19, yang data-data hasil studinya digunakan oleh para peneliti hampir di seluruh dunia.

Dalam penelitiannya, Chan menemukan bahwa telah terjadi peningkatan kasus benjolan pada kulit yang menonjol dan peradangan pada jari tangan dan kaki (chilblains), yang sekarang disebut sebagai jari COVID. Studi tersebut menyatakan bahwa ruam kulit seperti ini harus dianggap sebagai tanda diagnostik utama dari COVID-19.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini, 18 November 2020: Libra Paling Romantis

Banyak orang telah melaporkan mengalami masalah dermatologis (hal-hal yang berhubungan dengan ilmu tentang penyakit kulit dan pengobatannya) tanpa gejala umum COVID-19 lainnya. Tiga jenis gejala lain yang berhubungan dengan ruam kulit telah diidentifikasi sebagai tanda pasti dari COVID-19 yaitu urtikaria, ruam eritematosa-papular atau eritematosa-vesikuler, dan chilblains.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X