Inilah Makna Filosofi, Cara Santap hingga Manfaat Konsumsi Papeda dari Papua

- 10 Oktober 2022, 11:27 WIB
Papeda.  Setiap daerah namanya beda2 makanan khas seluruh indonesia tapi pasti suka , sekali nyoba bikin ketagihan Sulsel =kapurung Sultra=sinonggi Papua=papeda Ambon =papeda Kalimantan=kapurung.
Papeda. Setiap daerah namanya beda2 makanan khas seluruh indonesia tapi pasti suka , sekali nyoba bikin ketagihan Sulsel =kapurung Sultra=sinonggi Papua=papeda Ambon =papeda Kalimantan=kapurung. /Facebook Syah Aisyah/

PORTAL PAPUA - Salah satu bahan makanan pokok dan khas yang dimiliki masyarakat Papua ialah sagu. Sagu biasanya diambil oleh masyarakat Papua dari hutan kemudian diolah sedemikian rupa menjadi papeda yang kemudian bisa disantap.

Bagi masyarakat Papua pada umumnya, khususnya bagi mereka yang berdomisili di kampung atau pedalaman Papua, hutan merupakan sumber utama yang bisa memenuhi kebutuhan harian mereka termasuk makanan pokok sagu, lauk, dan sayur-mayur.

Baca Juga: Inilah Makna Filosofi dan Cara Santap Papeda Sebagai Makanan Khas Papua Bersama Jungle Chef Charles Toto

Charles Toto alias Chato yang dikenal dengan sebutan Jungle Chef dalam siaran resmi, membenarkan bahwa masyarakat Papua yang tinggal di kampung atau pedalaman dapat mengonsumsi apa yang sudah ada di hutan, sehingga hutan diibaratkan sebagai pasar tempat "belanja" kebutuhan pangan, salah satunya sagu, bahan baku papeda tersebut.

Biasanya, sagu yang telah diolah menjadi papeda oleh masyarakat Papua mesti disantap dengan lauk atau sayuran agar menambah cita rasa yang enak di lidah saat disantap. Istilah "kuah kuning" merupakan olahan makanan yang biasa menjadi "teman" papeda untuk disantap.

Makanan khas Papua yaitu Papeda dan Ikan kuah kuning ternyata diminati oleh para tamu pada acara Indonesia Night dalam rangkaian kegiatan World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss, Selasa, 24 Juni 2022.
Makanan khas Papua yaitu Papeda dan Ikan kuah kuning ternyata diminati oleh para tamu pada acara Indonesia Night dalam rangkaian kegiatan World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss, Selasa, 24 Juni 2022.

Namun di balik kenikmatan papeda tentu ada makna filosofi yang yang terkandung di dalamnya. Masyarakat Papua biasa menyebutnya dengan filosofi di meja makan.

Filosofi di meja makan

Saat satu keluarga menggunakan helai dan makan papeda dari satu hote yang sama, saat itulah papeda menyimpan makna yang dalam.

Halaman:

Editor: Fransisca Kusuma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah