Bank Indonesia Papua Luncurkan Semarak Rupiah  Serambi 2023

- 28 Maret 2023, 21:36 WIB
Bank Indonesia Papua Luncurka Semarak Rupiah  Serambi 2023
Bank Indonesia Papua Luncurka Semarak Rupiah  Serambi 2023 /

PORTAL PAPUA- Dalam rangka memastikan tersedianya uang Rupiah di masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan dan Idulfitri 1444 H dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, dan dalam kondisi yang layak edar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua (KPw BI Papua) menyelenggarakan kick-offSemarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2023 pada Senin, 27 Maret 2023. SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat pada periode Ramadhan dan Idulfitri 2023. Bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua, kick-off SERAMBI 2023 dihadiri oleh seluruh pimpinan perbankan di wilayah Papua dan diluncurkan secara simbolis dengan penabuhan tifa bersama, serta pelepasan mobil kas keliling Bank Indonesia dan mobil layanan penukaran uang perbankan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Juli Budi Winantya menyampaikan bahwa secara nasional Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di wilayah Papua, KPw BI Papua bersama dengan perbankan di Papua menyediakan 107 titik layanan penukaran uang yang mencakup Provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. Jumlah ini bertambah 24 titik dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idulfitri, KPw BI Papua menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,39 triliun yang terdiri dari Rp1,31 triliun Uang Pecahan Besar (UPB) dan Rp80 miliar Uang Pecahan Kecil (UPK). Angka tersebut naik 3,1% dibanding tahun sebelumnya. Jumlah uang Rupiah tersebut akan didistribusikan melalui perbankan di wilayah Jayapura dan 7 (tujuh) kas titipan Bank Indonesia di Biak, Merauke, Nabire, Sorong, Serui, Timika dan Wamena.

Di luar 107 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, KPw BI Papua juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling ritel di wilayah Kota Jayapura (Pasar Youtefa, Pasar Hamadi, Pasar Skouw, dan beberapa pusat pertokoan/perbelanjaan lain di daerah Entrop, Abepura, Koya dan Tanah Hitam),  kas keliling kepada lembaga/instansi di sekitar Kota Jayapura, dan layanan penukaran uang di area penumpang pelabuhan di Kota Jayapura. Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Juli mengajak masyarakat untuk “Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah". Implementasi cinta Rupiah yaitu dengan merawat Uang Rupiah, bangga Rupiah dengan menggunakan Uang Rupiah dalam setiap transaksi, serta paham Rupiah dengan membelanjakan Uang Rupiah secara bijak.(Fransisca)

 

 

 

Editor: Fransisca Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x