Segera Siapkan Tabungan, Harga Emas Antam Hari Ini Stabil dan Sedikit Menurun

- 17 Oktober 2022, 11:04 WIB
Penjualan Emas.
Penjualan Emas. /Portal Papua/

 

PORTAL  PAPUA - Harga emas Antam hari ini justru cukup turun serta dinilai lebih aman meski di tengah ancaman resesi tahun 2023. Tetapi banyak yang tertipu dengan emas yang harganya murah padahal palsu. Maka kenalilah bagaimana emas asli dan emas palsu.

  1. Perhatikan Fisik dari Emas

Cara membedakan emas asli dan palsu dapat dilihat dengan sangat mudah lewat dari fisiknya, pada yang murni terdapat cap dengan tanda kadar emas, biasanya memakai satuan karat dalam angka lalu disertai dengan K. Biasanya ada 10k, 18k serta 24k.

  1. Gosoklah Emas

Gosoklah permukaannya menggunakan telapak tangan atau telunjuk jari. Jika mengalami perubahan warna menjadi lebih pudar atau pada permukaan yang digosoknya berbeda dari permukaan yang lain ketika digosok, maka pertanda dari yang ada palsu. Dan bila tidak ada perubahan pada permukaannya berarti asli.

  1. Gigitlah Emas

Dengan masuk ke dalam logam mulia lunak, menyebabkannya mudah dalam dibentuk. Untuk mengetahui tinggi kadarnya dapat di cek lunak atau tidaknya.

Jika kadarnya semakin tinggi maka, maka akan semakin lunak. Ini dapat dibuktikan dengan cara menggigit permukaannya, jika terdapat bekas gigitan berarti asli dan jika tidak ada berarti palsu.

  1. Dekatkanlah dengan Magnet

Pada umumnya memiliki sifat non magnetis atau termasuk benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak dapat bereaksi dengan magnet. Jika didekatkan dengan magnet dapat tertarik atau menempel berarti palsu, dan jika tidak menempel serta tak tertarik maka asli, karna kembali lagi pada sifatnya tadi.

  1. Goreskanlah Pada Keramik atau Kertas

Pakailah kertas ataupun keramik dan gosokanlah pada permukaan kertas maupun keramik yang tersedia. Jika ketika digoreskan tidak meninggalkan bekas maka asli, dan jika ketika digosokkan meninggalkan bekas berarti itu palsu. Namun cara ini dapat menyebabkan emas menjadi rusak.

  1. Teteskanlah Zat Asam

Mengecek menggunakan zat asam perlu memiliki keahlian yang khusus, karena zat ini berbahaya bagi tubuh dan pernafasan.

Cara mengeceknya dengan meneteskan zat asam ke permukaan emas, dan tunggu hasilnya. Jika emas berubah warna menjadi hijau, bisa jadi itu merupakan logam dengan lapisan emas.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x