Sering Terjadi Antrian SPBU, Pertamina Pastikan Saat Ini Tak Ada Pembatasan Pembelian Pertalite dan Solar

- 2 September 2022, 21:42 WIB
Sarana dan Fasilitas Terminal BBM di Ambon
Sarana dan Fasilitas Terminal BBM di Ambon /lintaspapua.com/

PORTAL PAPUA - Menanggapi situasi akhir-akhir ini yang sering terjadinya antrian panjang di beberapa SPBU wilayah Kota Ambon. Pertamina dengan tegas memastikan saat ini stok BBM jenis Pertalite dan Solar di wilayah Kota Ambon dalam kondisi aman dan seharusnya tidak ada masalah terkait kelangkaan BBM.

Edi Mangun selaku Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku mengatakan untuk ketahanan stok BBM Jenis Solar saat ini mampu bertahan selama 15,7 hari ditambah juga dengan Integrated Terminal Wayame melakukan penerimaan BBM setiap hari dari Kapal Tanker sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir akan sulitnya mendapatkan BBM.

Masyarakat di wilayah Ambon sebenarnya tidak perlu takut dan khawatir akan kelangkaan BBM, karena dari Terminal Wayame pun sudah terima BBM masuk dari Kapal Tanker, dan untuk stok biosolar bisa bertahan selama 15,7 hari,”ungkap Edi.

Edi juga menegaskan, tak ada pembatasan pembelian Pertalite dan Solar di SPBU Kota Ambon. Malah, Pertamina selalu siaga melakukan penyaluran setiap saat sehingga masyarakat umum dapat menikmati BBM tanpa ada masalah.

Adapun dari data yang tercatat, khusus untuk penyaluran Solar di Bulan Juli 2022 sekitar 21,08 KL per hari, kemudian yang terjadi di bulan Agustus saat ini mencapai angka 26,22 KL per hari atau lebih tinggi 24,37%. Artinya ada peningkatan kebutuhan atau peningkatan aktivitas masyarakat atau perekonomian di Kota Ambon dan sekitarnya.

“Saat ini, adanya peningkatan kebutuhan dari masyarakat Ambon sehingga dari data kami yang tercatat, penyaluran Biosolar di Bulan Juli 2022 sekitar 21,08 KL/day saat ini di Agustus sudah 26,22 KL/day atau lebih tinggi 24,37%. Berarti di bulan Agustus ini masyarakat di wilayah Ambon jauh lebih banyak yang membeli Solar untuk kegiatan perekonomian masyarakat,” unggah Edi.

Edi menegaskan masyarakat tidak perlu panik melakukan pengisian dan tetap mengantri sesuai jalur yang ditentukan di SPBU. Bisa saja antrian saat ini terjadi dikarenakan jalan masuk ke SPBU berdekatan dengan kendaraan yang berlalu lintas sehingga terlihat menjadi lebih padat antrian di sekitar SPBU.

“Masyarakat tidak perlu panik kalau melihat banyak kendaraan di sekitar SPBU. Apalagi saat ini kondisi cuaca di Ambon sedang hujan terus-terusan sehingga jalan terlihat menjadi lebih padat dan ramai, adapun jalan masuk ke SPBU juga terkesan ramai karena bercampur dengan kendaraan yang berlalu lintas juga,” tutur Edi.

Menurutnya, jika memang ada pembatasan pembelian Pertalite ataupun Solar, bisa jadi dikarenakan kebijakan masing-masing dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tersebut.

Halaman:

Editor: Septa Kulsumawulan

Sumber: Lintas Papua.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x