HIPMI Biak Numfor Lirik Peluang Pasar di Luar Papua, Kirim 15 Ton Kopra ke Surabaya

- 6 Juli 2022, 20:09 WIB
BPC Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Biak Numfor, melalui Unit Usaha Kopra CV. Syowi Bena, lirik peluang pasar Kota Pahlawan.
BPC Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Biak Numfor, melalui Unit Usaha Kopra CV. Syowi Bena, lirik peluang pasar Kota Pahlawan. /Portal Papua/

PORTAL PAPUA  - BPC Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Biak Numfor, melalui Unit Usaha Kopra CV. Syowi Bena, lirik peluang pasar Kota Pahlawan dengan melakukan pengiriman perdana hasil Kopra petani kelapa Pulau Numfor dengan bobot 15 ton langsung ke Surabaya.

Sebelumnya petani kelapa lokal di Distrik Bruyadori dan 4 Distrik Lainnya di Pulau Numfor Kabupaten Biak mengolah kelapa menjadi minyak kelapa guna kebutuhan keluarga, namun berkat upaya pendampingan pengusaha muda setempat guna pengembangan potensi kelapa menjadi sumber peningkatan pendapatan bagi petani.

Baca Juga: Resmi, Gubernur Papua Izinkan Persipura Gunakan Salah Satu Stadion Terbaik di Asia Tenggara Sebagai Home -Base

Hal ini guna mendorong petani kelapa beralih mengolah kelapa menjadi Kopra berkualitas agar dapat masuk ke pasar di Surabaya.

Kepala Distrik Bruyadori, Katrien Wanma mewakili Pemerintah Daerah Biak Numfor, di sela-sela pengiriman perdana tersebut memberi apresiasi atas upaya pengusaha muda pulau Numfor, yang mendorong agar hasil Kopra masyarakat dapat menjadi salah satu komoditas unggulan yang cukup menjanjikan bagi masyarakat.

“Pemerintah tentu berharap upaya peningkatan ekonomi kerakyatan melalui pengelolaan sumber daya di Numfor tidak semata-mata menjadi tanggung jawab Pemerintah, namun perlu melibatkan dan mendapat dukungan berbagai pihak, salah satunya pihak pengusaha yang ingin dan mampu mendorong para petani kelapa meningkatkan produksi Kopra yang berdampak pada peningkatan hasil ekonomi rumah tangga”, ujar Katrien Wanma.

Baca Juga: Berlaga di Piala Indonesia dan Liga 2, Persipura Butuhkan 30 Pemain

Katrien juga optimis jika pengiriman produksi Kopra secara terus menerus dilakukan dengan menjaga kualitas, maka tidak menutup kemungkinan, Kopra Numfor yang selama ini belum pernah dikembangkan secara baik akan mampu bersaing dengan hasil Kopra dari wilayah lainnya, di Biak maupun di Papua secara umum.

Dilain pihak, Pimpinan CV. Syowi Bena Ridwan Amirudin yang merupakan salah seorang pengusaha lokal Numfor yang juga tergabung dalam HIPMI Biak menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin memberikan pendampingan kepada petani kelapa lokal guna mampu menghasilkan produksi Kopra Asap yang sesuai dengan permintaan pasar.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x