PT. Freeport Indonesia Berikan Dana Rp612 Juta Untuk Dukung Ekosistem Kewirausahaan dan Pengusaha Muda Papua

- 21 Mei 2022, 23:00 WIB
Para pebisnis muda tersebut ialah peserta terbaik dari kegiatan Link & Match yang diadakan pada tahun 2021 oleh PT. Freeport Indonesia bersama dengan gerakan Papua Muda Inspiratif dan Yayasan Kitong Bisa.
Para pebisnis muda tersebut ialah peserta terbaik dari kegiatan Link & Match yang diadakan pada tahun 2021 oleh PT. Freeport Indonesia bersama dengan gerakan Papua Muda Inspiratif dan Yayasan Kitong Bisa. /Amanda - Portal Papua/

 

PORTAL PAPUA - Papua Muda Inspiratif Salurkan Modal Usaha untuk Milenial Papua bersama Freeport 30 pengusaha milenial Papua menerima bantuan modal dari PT. Freeport Indonesia.

Secara simbolis, pemberian modal tersebut diberikan oleh VP Community Relations PTFI,  Engel Enoch pada acara Gala Dinner di Swiss-Bell Hotel, Jumat 20 Mei.

Para pebisnis muda tersebut ialah peserta terbaik dari kegiatan Link & Match yang diadakan pada tahun 2021 oleh PT. Freeport Indonesia bersama dengan gerakan Papua Muda Inspiratif dan Yayasan Kitong Bisa.

Baca Juga: PT. Freeport Indonesia Bersama Papua Muda Inspiratif Salurkan Modal Usaha Kepada 30 Pengusaha Milenial Papua

VP Community Relations PTFI,  Engel Enoch mengatakan, bahwa untuk mendukung ekosistem kewirausahaan serta mendorong pebisnis muda di Papua dalam memajukan usaha mereka, maka PT. Freeport Indonesia mengeluarkan dana sebesar Rp.612 juta yang digunakan dari awal kegiatan di tahun 2021.

"Mulai dari fasilitas pelatihan dan pendampingan kepada 250 peserta, serta modal usaha yang diberikan kepada 30 peserta terbaik yang telah lolos seleksi," ujar VP Community Relations PTFI,  Engel Enoch


PT. Freeport Indonesia secara berkelanjutan melakukan pembinaan pengusaha-pengusaha Papua melalui program pengembangan UMKM, termasuk pembinaan 196 pengusaha Papua dan pemberian dana bergulir hingga Rp63,8 miliar sejak 2014.


“Dukungan PTFI terhadap pengembangan kapasitas sumber daya manusia Papua merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)," tuturnya.


"Kami meyakini bahwa peran kami bersama berbagai pihak lainnya akan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat Papua,” ungkap Engel Enoch.


Sementara itu, Wakil Direktur Papua Muda Inspiratif Wilayah Papua, Neil Leonardo Aiwoy mengatakan, bahwa  PT. Freeport Indonesia sebagai salah satu perusahaan multi nasional tertua di Tanah Papua telah melakukan langkah yang tepat dalam melakukan penguatan sumber daya manusia dan menciptakan ekosistem kewirausahaan di Papua.


Diharapkan, kegiatan ini akan menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lainnya dalam mendorong percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat.


"Freeport sudah melakukan langkah yang tepat melalui kegiatan link & match ini. Saya harap ini dapat dijadikan contoh bagi perusahan-perusahaan multinasional di Papua yang melakukan kegiatan seperti ini, khususnya dalam penguatan sumber daya manusia," lanjut Neil.


Para pebisnis muda yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat tersebut mempunyai jenis usaha yang berbeda serta bervariasi. Seperti misalnya usaha Sagu Kelapa Bakar yang dimiliki oleh Tobias Keije, pemuda yang berasal dari Merauke.

Ia menyampaikan, rasa suka citanya ketika lolos sampai pada tahap penerima bantuan modal usaha ini.

Baca Juga: Freeport Peduli, Papua Muda Inspiratif Membangun Motivasi Dunia Usaha Bagi Milenial Papua
"Dana ini akan sangat berguna bagi usaha saya yaitu sagu kelapa bakar untuk bisa lebih maju dan dikembangkan. Saya juga berkeinginan untuk membuka usaha baru. Memiliki usaha sendiri, tidak hanya membantu perekomonian saya secara pribadi, tetapi saya juga bisa membuka kesempatan kerja bagi orang lain. Terima kasih Freeport, Papua Muda Inspiratif dan Kitong Bisa. Semoga akan ada kegiatan lagi seperti ini untuk membantu," ujar Tobias.

Gerakan Papua Muda Inspiratif (PMI) sendiri aktif dalam mendorong UMKM-UMKM yang dijalankan oleh para pebisnis muda lokal dengan melakukan pelatihan, pembinaan serta pendampingan. Hal ini dilakukan oleh Papua Muda Inspiratif sebagai supaya dalam mendukung percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat.


Senada dengan Neil, Program Manager Bidang UMKM Papua Muda Inspiratif, Elia Musa Rawar mengapresiasi kegiatan PT. Freeport Indonesia yang telah mensposori kegiatan Link & Match. Hal ini tentu saja sesuai dengan visi Papua Muda Inspiratif dalam mensejahterakan Tanah Papua, yang salah satunya adalah berkolaborasi dengan berbagai elemen.

 

PT. Freeport Indonesiaa saat memberikan bantuan modal usaha kepada 30 pengusaha milenial Papua.
PT. Freeport Indonesiaa saat memberikan bantuan modal usaha kepada 30 pengusaha milenial Papua.

Salah satunya ialah bekerja sama dengan lembaga swasta.


“Melalui kegiatan Link & Match, 250 orang anak muda telah terbekali dengan ilmu-ilmu yang dapat mereka
gunakan dalam memajukan usaha mereka. Dan tentu saja 30 penerima modal akan sangat terbantu usaha
mereka dengan dana yang diberikan oleh PT. Freeport Indonesia," tuturnya.
Baca Juga: Freeport Peduli, Papua Muda Inspiratif Membangun Motivasi Dunia Usaha Bagi Milenial Papua
 

"Semoga makin banyak lagi anak-anak muda Papua yang mau berani dan percaya diri untuk memiliki usaha sendiri,"   lanjut Elmus.


Untuk diketahui, Link & Match merupakan kegiatan pemberian modal usaha kepada pebisnis lokal muda Papua yang diadakan pada tahun 2021 oleh PT. Freeport Indonesia bersama dengan Papua Muda Inspiratif dan Yayasan Kitong Bisa. Dari 250 peserta yang mengikuti kegiatan ini, 30 orang inilah yang memiliki Rencana Tindak Lanjut (RTL) terbaik mulai dari Ideation, Prototyping, Product Launching, Business Launching, Business Growth/Next Level Funding.***

Editor: Eveerth Joumilena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x