Stres Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Ketahui Penyebabnya dan Cara-cara Mencegahnya

- 21 November 2020, 12:53 WIB
Ilustrasi rambut rontok. /PIXABAY/Slavoljubovski

PORTAL PAPUA – Bukti ilmiah menunjukkan bahwa hormon stres memengaruhi perkembangan folikel dan siklus rambut Anda. Jika tidak ditangani secara serius, rambut rontok yang disebabkan oleh stres dapat menyebabkan gangguan lain seperti alopecia, telogen effluvium, dan kebotakan.

Bagaimana bisa stres dapat memengaruhi perkembangan pertumbuhan rambut Anda?

Perkembangan folikel rambut adalah aktivitas siklik. Aktivitas ini secara luas dibagi menjadi fase yang menunjukkan pertumbuhan dan pembentukan rambut (anagen), fase penuaan atau penyusutan (catagen), dan fase tidak aktif atau istirahat (telogen). Beberapa faktor pertumbuhan mengatur transisi folikel rambut di antara fase-fase ini.

Baca Juga: Wajah Cerah tanpa Jerawat dengan Maskeran Bahan Dasar Tepung Beras. Patut Dicoba!

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa molekul yang diproduksi selama respons stres (stresor) juga memengaruhi perkembangan folikel rambut. Molekul-molekul ini secara langsung mengganggu atau berinteraksi dengan faktor pertumbuhan yang mengatur dan menghambat kelancaran transisi folikel rambut.

Ketika tubuh Anda sedang stres, ada kemungkinan bahwa pemicu stres mendorong folikel rambut ke fase telogen atau katagen. Pemicu stres juga dapat mengubah ekspresi gen di sel induk rambut. Akibatnya, batang rambut menunjukkan penjangkaran yang buruk, tingkat protein (keratin) yang rendah, atau pertumbuhan serat rambut yang terhambat. Situasi seperti itu pada akhirnya menyebabkan rambut rontok yang berlebihan, penipisan, kebotakan, hilangnya pigmentasi, dan gangguan kulit kepala.

Meskipun peneliti sedang mengeksplorasi hubungan antara stres dan pertumbuhan rambut, beberapa penelitian mengaitkan gangguan rambut rontok yang umum terjadi dengan tingkat stres yang dialami.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Asmara 21 November 2020: Gemini dan Leo Butuh Rekonsiliasi, Aries Komunikasi Intens

Sebagaimana dikutip PortalPapua.com dari Stylecraze, ada beberapa jenis rambut rontok yang dipengaruhi oleh faktor stres berikut ini.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: Style Craze


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X